BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 14 Desember 2015

ICW: DPR Harus Cermat Pilih Pimpinan KPK

Yulida Medistiara - detikNews
Jakarta - Anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Indonesia Corruption Watch (ICW) Aradila Caesar meminta Komisi III DPR fokus saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon pimpinan KPK. Para capim harus diuji kapabilitas dan integritasnya.

"Normalnya apa yang harus digali visi dan misi tiap calon, apa strategi calon dalam pemberantasan korupsi, apa yang akan dilakukan capim KPK, dan apa yang akan dilakukan pemimpin KPK di masa pimpinannya ke depan," kata Aradila saat dihubungi detikcom, Minggu (13/12/2015) malam.

Menurut Aradila, Komisi III DPR dapat menilai dan melihat visi para capim KPK. Anggota dewan juga harus menggali ide dan gagasan para calon dalam pemberantasan korupsi.

"Selanjutnya yang harus dinilai adalah kemampuan mereka bekerja sama dengan satu dan yang lain, ini penting karena  lainnya (tiap capim) punya visi miisi agar tidak saling berseberangaan jangan-jangan mereka tidak bisa menjalankan roda pemerintahan KPK bekerjasama," sambungnya.

DPR ditegaskan Aradila harus memilih capim KPK dengan cermat, bukan memilih calon yang disukai atau calon yang memiliki 'masa lalu tersembunyi' sehingga bisa dijadikan kartu AS bagi anggota dewan.

"Misal pada jilid ketiga ada ranking pansel mana capim yang terbaik, tapi yang dipilih DPR adalah orang-orang yang tidak dalam ranking pansel. DPR pada waktu itu memilih orang-orang yang bisa dimainkan kartu ASnya," imbuh Aradila.

"Kalau orang-orang yang punya kartu AS dipegang DPR independensi pimpinan KPK ini akan diragukan, tentu dia tidak akan berani menghadapi orang-orang yang mengetahui track recordnya sebelumnya,"  sebut Aradila.

Hari ini Komisi III menguji 4 orang capim. "Empat orang capim yaitu Sujanarko, Alexander Marwata, Johan Budi dan Saut Situmorang," ujar Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (13/12/2015) malam.


Berikut jadwal uji kelayakan 4 capim hari ini:

1. Sujanarko pukul 10.00-12.00 WIB
2. Alexander Marwata pukul 13.00-15.00 WIB
3. Johan Budi pukul 15.00-17.00 WIB
4. Saut Situmorang pukul 19.00-20.00 WIB 

Tidak ada komentar: