BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 17 Desember 2015

Setya Novanto: Saya Minta Maaf pada Seluruh Rakyat

 Oleh : Syahrul Ansyari, Fajar Ginanjar Mukti
VIVA.co.id - Setya Novanto sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua DPR. Usai mundur, Novanto pun memberikan keterangan dan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia.

"Saya mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia selama saya menjalankan tugas. Saya lakukan semuanya demi rakyat, demi bangsa Indonesia," ujar Novanto di kediaman pribadinya di Jalan Wijaya Nomor 13, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 16 Desember 2015.

Novanto berharap, langkah yang dia pilih itu membuat kepentingan bangsa dan negara dapat berjalan dengan lebih baik ke depannya.

"Mudah-mudahan, bangsa kita akan lebih baik lagi ke depan," ujar dia.

Novanto mengklaim, keputusan mundur juga demi kepentingan negara dan rakyat Indonesia. Dalam pemikirannya, pengunduran diri itu agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

"Demi masa depan bangsa kita, maka saya menyatakan saya mengundurkan diri," tutur Novanto.

Pengunduran diri Novanto tersebut bisa disebut cukup mendadak. Sebab, dia mengirim surat ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang dalam tahap akan menjatuhkan sanksi padanya.

Posisi terakhir, para anggota MKD sudah memberikan pandangan mengenai jenis sanksi pada Novanto. Muncul sembilan menghendaki sanksi sedang dan enam sanksi ringan.

Namun, begitu Novanto mengirimkan surat pengunduran diri, MKD segera menerimanya. MKD pun memutuskan menutup sidang kasus dugaan pelanggaran etik politikus Partai Golkar tersebut. (asp)

Tidak ada komentar: