Jakarta (ANTARA News) - Menjelang hari Idul Fitri 1432 Hijriyah yang akan diputuskan dalam sidang Isbat oleh Kementerian Agama Senin sore ini, ibukota mulai lengang.

Pantauan ANTARA di sejumlah lokasi, Senin sore. arus lalu lintas di kawasan Jalan Jagakarsa, TB Simatupang, Warung Buncit, Mampang hingga HR Rasuna Said Jakarta Selatan sangat lengang dibandingkan Jumat sore pekan lalu yang sangat sibuk.

Jumlah penumpang bus TransJakarta yang berangkat dari Ragunan menuju Dukuh Atas pun menurun.

Situasi serupa terlihat di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Meski jumlah kendaraan yang melintas lebih banyak dibandingkan di sepanjang Warung Buncit dan Mampang, volume kendaraan juga menurun drastis dibandingkan hari- hari lainnya.

Sabtu pekan lalu diyakini sebagai puncak arus mudik dari Jakarta.

Sebagian warga Jakarta yang memutuskan tidak pulang ke kampung halaman atau menunda kepulangannya setelah lebaran, terlihat di sejumlah pusat perbelanjaan antara lain di Sarinah.

Mereka membeli barang elektronik, pakaian dan kebutuhan lain untuk lebaran.

Sejumlah pasar swalayan di kawasan Bintaro Sektor IX Tangerang Selatan menunjukkan aktivitas serupa. Warga berbelanja makanan dan lebaran nanti. Ini sudah sudah tampak sejak Jumat pekan lalu.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Lebaran jatuh pada Selasa esok, sementara sidang isbat oleh Kementeria Agama dan ormas-ormas Islam serta tokoh Islam akan menentukan apakah keputusan Muhammadiyah itu juga berlaku untuk non-Muhammadiyah.(*)