BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 31 Oktober 2013

Demo Buruh di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Dihadang Ormas

Nala Edwin - detikNews

Jakarta - Massa buruh berkumpul di kawasan Industri MM 2100 Cikarang untuk menggelar demonstrasi dalam rangka mogok nasional. Buruh dihadang sekumpulan anggota ormas yang mencoba menghalau demo tersebut.

"Ada ormas yang mencoba menghalangi demo buruh di MM 2100," kata Opik Syapri, seorang peserta aksi melalui Info Anda detikcom, Kamis (31/10/2013).

Opik mengatakan, ormas ini ada yang memakai seragam ormas tertentu, namun ada juga yang memakai pakaian bebas. Mereka terpecah-pecah dan mencoba menghalangi buruh yang ingin bergabung dengan rekan-rekannya untuk menuntut perbaikan kesejahteraan.

"Ormas-ormas itu ada yang membawa bambu dan menantang buruh," katanya.

Opik menyatakan, ada beberapa motor buruh yang dirusak anggota ormas tersebut. "Saya mendapat informasi dari teman ada beberapa motor buruh yang dirusak," katanya.

Hari ini sebagian buruh mogok seiring dengan rapat Dewan Pengupahan (serikat kerja, pemerintah dan ppengusaha) menetapan UMP di berbagai daerah. Di Jakarta, buruh menuntut upah Rp 3,7 juta/bulan. Sebelumnya Dewan Pengupahan DKI Jakarta melansir kebutuhan hidup layak (KHL) yang akan menjadi dasar perhitungan UMP Rp 2,29 juta, sedangkan pengurus serikat buruh menilai angka itu kurang tinggi, harusnya Rp 2,7 juta.

Tidak ada komentar: