BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 25 Oktober 2013

Menkes: Jangan Marahi Jokowi Jika Sakit

Oleh: Ahmad Farhan Faris

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meminta agar warga Jakarta tidak marah kepada Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi jika banyak yang menderita sakit. Sebab, fasilitas kesehatan Jakarta sudah baik.

Menurutnya, fasilitas rumah sakit hingga tempat tidur di DKI saat ini sudah luar biasa. Fasilitas tempat tidur rumah sakit saja hingga puluhan ribu yang tercatat.

"Kebutuhan tempat tidur di DKI Jakarta itu 10 ribu. Sedangkan saat ini, dari catatan Kementerian Kesehatan sudah ada 21.601 tempat tidur," ujarnya saat meresmikan RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Ia melanjutkan, jika melihat fasilitas yang banyak itu seharusnya tidak ada lagi pasien yang terlantar karena jumlahnya lebih dari cukup.

"Jadi jangan marahi gubernur (Jokowi) karena terlalu banyak yang sakit, mungkin disebabkan merokok terus. Itu sudah lebih dari kebutuhan," kata dia.

Nafsiah berharap agar pemerintah dan pihak swasta bersinergi dalam mensukseskan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) jika beroperasi di seluruh rumah sakit.

"Fungsi sosial rumah sakit menurut UU nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, harus ada pelayanan kelas 3, unit gawat darurat harus tanpa uang muka, ambulan gratis, dan bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat," jelasnya lagi.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, rumah sakit swasta yang baru saja diresmikan dapat mendukung fasilitas Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Saya sudah ketemu pimpinannya masalah KJS, katanya bisa. Karena kelas 3 banyak juga," ucapnya. [mes]

Tidak ada komentar: