BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 28 Oktober 2013

Sejumlah Elemen Buruh Karawang Tidak Mogok Nasional

Karawang (Antara) - Sejumlah elemen buruh di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang tergabung dalam Aliansi Besar Karawang sepakat tidak akan menggelar mogok nasional.
Juru Bicara Aliansi Besar Karawang Abda Khair Mufti, Senin mengatakan, melalui deklarasi itu para buruh sepakat untuk menciptakan hubungan kerja sama yang baik, saling menghormati dan menghargai, serta siap bersinergi dengan pemangku kepentingan dunia usaha.
Kesepakatan para buruh untuk tidak mogok nasional tersebut tertuang dalam Deklarasai Damai yang digelar di halaman Pemerintah Kabupaten Karawang.
Selain tidak menggelar aksi mogok nasional, para buruh dari Aliansi Besar Karawang juga tidak akan melakukan kegiatan lainnya yang mengganggu aktivitas perusahaan dan mengganggu kepentingan umum terkait pembahasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) setempat.


Sebanyak 10 elemen buruh di Karawang yang tergabung dalam Aliansi Besar Karawang yang menyetujui kesepakatan itu. Kesepakatan itu juga ditandatangani Bupati Karawang, Ketua Apindo Karawang, dengan disaksikan Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, serta tokoh masyarakat setempat.


Ia menilai, ajakan mogok nasional yang disuarakan oleh para elit buruh di Jakarta kurang relevan dengan kondisi riil yang ada di lapangan, khususnya di Karawang.
"Tidak ada alasan bagi kami di Karawang mengikuti jejak mereka untuk mogok nasional, karena mekanisme penyelesaian perbedaan maupun perselisihan ketenagakerjan sudah berjalan sesuai dengan kesepakatn bersama," kata dia.
Ia menginginkan agar para buruh bisa berpartisipasi dalam menciptakan keamanan, ketentraman dan kenyamanan bagi pelaku usaha, pekerja, maupun lingkungan masyarakat.
Dalam deklarasi damai tersebut, Apindo Karawang sepakat akan menaikkan upah buruh pada 2014. Para buruh menerima kenaikan tersebut dan mekanismenya diserahkan kepada Dewan Pengupahan Kabupaten Karawang yang mengacu kepada ketentuan yang berlaku. (ar)

Tidak ada komentar: