BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 09 Desember 2012

Pesawat Delay 4 Jam, Sriwijaya Bayar Kerugian Penumpang di Bandara Soetta

Ramdhan Muhaimin - detikNews

Jakarta - Calon penumpang pesawat Sriwijaya jurusan Pontianak mengamuk di bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Sebabnya, keberangkatan pesawat maskapai swasta ini mengalami keterlambatan hingga 4 jam. Namun setelah dilakukan mediasi, pihak Sriwijaya akhirnya membayar refund kepada para penumpang atas insiden ini.

"Sekarang tiap-tiap penumpang lagi mengisi tanda terima kerugian. Pihak Sriwijaya akhirnya bersedia membayar refund penumpang," ujar salah seorang penumpang, Abdurrahman, kepada detikcom, Minggu (9/12/2012).

Rahman mengatakan, sebelumnya sempat terjadi ketegangan yang hampir beradu fisik antara penumpang dengan sejumlah keamanan bandara. Sebabnya, mediasi yang dilakukan sempat berujung kepada ketidakpuasan. Dia mengatakan penjelasan pihak maskapai sangat mengecewakan dan tidak dapat diterima.

"Tadi sebelumnya ada mediasi antara penumpang dengan pihak maskapai. Tapi hasilnya nggak memuaskan. Pihak maskapai bilang sudah melakukan seasuai prosedur. Ini yang membuat penumpang marah. Sesuai prosedur apa, hak refund penumpang tidak dibayarkan. Kami tetap menuntut," cetusnya.

Akibat kebuntuan ini, sejumlah calon penumpang mencoba memboikot keberangkatan pesawat dengan beberapa calon penumpang lainnya yang 'dipaksa' masuk pesawat (boarding) oleh petugas sekitar pukul 18.20 WIB. Namun upaya itu gagal karena pintu pesawat dijaga ketat petugas keamanan.

Pesawat menuju Pontianak pun akhirnya take off pukul 19.20 WIB dengan jumlah penumpang yang tidak sesuai manivest, karena sebagian lainnya tetap menuntut keadilan pihak maskapai.

Tak lama setelah itu, Rahman mengatakan akhirnya pihak Sriwijaya bersedia memenuhi tuntutan para calon penumpang.

"Iya, mereka mau mebayarkan sesuai Kepmen (Kepmen no KM 25 tahun 2008 atau Kempen no 77 tahun 2011 tentang tanggung jawab angkutan udara) itu. Dan nanti tetap akan diberangkatkan, tapi belum tahu jam berapa," jelasnya.

Para penumpang ini seyogyanya berangkat pukul 14.25 WIB. Namun petugas Sriwijaya tiba-tiba mengumumkan keberangkatan tertunda 25 menit dengan alasan pesawat yang akan mengantar mereka dari Malang belum tiba.

Namun setelah itu, petugas mengumumkan lagi jika pesawat delay pukul 16.00 WIB dengan alasan pesawat rusak. Tapi setelah tiba pukul 16.00 WIB, petugas mengumumkan kembali jika pesawat baru tiba pukul pukul 18.30 WIB. Akibat keterlambatan ini, sekitar 150 calon penumpang menjadi marah dan menuntut refund kepada pihak maskapai.

Tidak ada komentar: