BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 03 Mei 2011

Detik-detik Penggerebekan Osama dalam Persembunyiannya

Adi Nugroho - detikNews

Jakarta - Osama bin Laden berhasil dilumpuhkan dalam waktu sekitar 40 menit. Buronan nomor wahid ini tewas setelah kepalanya ditembus timah panas pasukan elit Amerika Serikat.

Seperti dikutip Los Angeles Times, Selasa (3/5/2011), Osama diduga melakukan perlawanan saat digerebek pasukan elit AS, SEAL Team 6. Baku tembak yang menegangkan pun terjadi di rumah persembunyian Osama.

Setelah mendaratkan helikopter di dekat rumah persembunyian Osama, SEAL Team 6 lantas menyerbu bangunan tersebut. Mereka mencoba mengamankan dua bangunan dalam benteng di kota Abbottabad sebelah utara Ibu Kota Islamabad, Pakistan itu. Pasukan tersebut berusaha mencapai lantai dua di bangunan terbesar di mana Osama diduga berada.

"Dalam 40 menit, mereka saling baku tembak," ujar seorang pejabat senior Pentagon yang enggan disebut namanya.

Menurut pejabat senior Pentagon tersebut, Osama juga sempat menembak pasukan AS, ia juga diduga menggunakan istrinya sebagai tameng. Perempuan itu pun terbunuh. Sementara Osama menemui ajalnya setelah peluru pasukan AS menembus kepalanya.

Setelah baku tembak selesai, pasukan AS lantas mengumpulkan berbagai dokumen terkait Al Qaeda dan benda-benda lainnya dengan cepat. Mereka lantas kembali menaiki Helikopter dengan membawa serta jenazah Osama.

Namun sebelum berangkat, pasukan AS ini meledakkan salah satu helikopternya sendiri. Helikopter berjenis Blackhawk ini konon mengalami gangguan mesin.

Pejabat Pentagon tersebut menyatakan tak ada orang yang ditahan dari operasi tersebut. Perempuan dan anak-anak yang selamat ditinggalkan di lokasi tersebut.

"Ini bukan eksekusi. Perkiraan sebelumnya ia akan ditangkap hidup-hidup. Asal ia bersedia meletakkan senjatanya, ia akan ditahan," kata pejabat AS lainnya.

Jenazah Osama selanjutnya dibawa ke kapal induk USS Carl Vinson di bagian utara laut Arab. Osama lantas dibenamkan dilautan yang lokasinya dirahasiakan.
 

Tidak ada komentar: