BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 28 Mei 2011

Suryadharma Ali Masih Terpopuler

Salah satu alasan mengapa Suryadharma adalah, terkait Pemilu 2014. Peluang jadi presiden.


VIVAnews - Pertarungan kandidat Ketua Umum makin panas jelang Muktamar Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Juli 2011 mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Romahurmuziy mengatakan, para kader berharap muktamar ini bukan menjadi kontestasi pemilihan ketua umum. "Tetapi menjadi ajang penguatan kembali ideologi partai dengan mencanangkan PPP sebagai rumah besar umat Islam," kata dia saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Ditambahkan dia, akan banyak hal yang perlu dibicarakan ketimbang siapa yang bakal menduduki posisi pucuk. Meski demikian, Romy, demikian nama akrabnya, tak menampik persoalan ketua juga penting.

Jadi, siapa calon kuat Ketua Umum PPP? "Dalam penangkapan saya, suasana kebatinan dari cabang dan wilayah hari ini mayoritas menghendaki Pak Surya (Suryadharma) untuk kembali memimpin dengan beberapa alasan, setidaknya ada tiga alasan," kata Romy.

Tiga alasan itu, pertama, kesadaran bahwa elektabilitas partai politik sangat ditentukan popularitas. "Mereka yakin, tahu, dan menyadari hari ini dari sekian banyak pemimpin PPP, figur yang masih populer adalah Pak Surya," kata dia.

Alasan kedua, Suryadharma yang notabene Menteri Agama memiliki posisi yang erat bersinggungan dengan PPP.

Alasan ketiga, tambah Romy, melihat Pemilu 2014 merupakan peluang untuk ketua umum partai politik manapun sejalan dengan berakhirnya jabatan Presiden SBY. "Karena itu kami harus memiliki seorang ketua umum yang harus ditokohkan di tingkat nasional. Dari sekian banyak, sekali lagi, penilaian mereka, Pak Surya adalah figur yang lebih mumpuni."
Apakah ini berarti PPP sudah menyiapkan Pak Surya untuk menjadi Presiden? "Sebagai partai politik kami harus siap, untuk mengawal ketua umum kita dalam posisi yang tertinggi di republik ini. Meskipun semuanya masih akan sangat bergantung dari elektabilitas PPP sendiri pada tahun 2014 yang akan datang," jawab Romy.

Sebelumnya, Suryadharma optimistis bakal memimpin lagi. Namun, ia mendapat saingan dari Akhmad Muqowam yang tak gentar dan yakin meraih suara signifikan dari kader-kader PPP di berbagai wilayah.

“Hubungan Pak Muqowam dengan daerah sangat baik, tidak hanya menjelang Mukernas ini. Mereka selalu berkomunikasi dan bersilaturahmi setiap waktu,” kata Ketua Tim Sukses Muqowam, Yuyon Ali Fahmi, saat berbincang dengan VIVAnews.com, 26 Mei 2011. (adi)

Tidak ada komentar: