BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 28 Mei 2011

Jasa Marga: Solusi Macet Jakarta, Bangun JORR W2

Nograhany Widhi K - detikNews

Jakarta - Pemerintah menganggap truk menjadi sumber macet di tol dalam kota sehingga melarangnya masuk di ruas Cawang-Pluit. Sedangkan Jasa Marga, sebagai operator tol dalam kota berpendapat berbeda.

"Kemacetan dikarenakan jumlah kendaraan yang menggunakan jalan tol tersebut sudah melampaui kapasitas jalan tersebut," ujar Corporate Secretary PT Jasa Marga Okke Merlina.

Hal itu disampaikan Okke dalam keterangan tertulis pada detikcom, Sabtu (28/5/2011). Di satu sisi, tidak ada lahan untuk menambah lajur jalan.

Mengenai wacana menutup exit atau gerbang keluar tol dalam kota Kuningan, Semanggi dan Slipi, Jasa Marga menganggapnya bukan solusi. Karena kemacetan di exit tol tersebut merupakan ekor dari kepadatan di jalan arteri yang juga sebagai akibat dari kapasitas jalan yang sudah terlampaui. Jasa Marga pun mendorong pembangunan JORR W2 dan JORR 2 sebagai solusi.

"Penutupan exit tol tersebut dapat menambah beban di arteri. Solusinya adalah JORR W2 utara dan JORR 2 dapat segera terwujud sehingga dapat mengurai lalu lintas yang menuju ke dalam kota Jakarta," jelasnya.

Selain itu, imbuhnya, transportasi massal diharapkan dapat segera terwujud. Jasa Marga pun sudah diajak berkoordinasi pemerintah karena pelarangan truk di tol dalam kota ruas Cawang-Pluit.

"Kami diundang rapat koordinasi sebagai pihak operator jalan tol dalam kota. Sebagai operator jalan tol kami hanya menjalankan kebijakan pemerintah," tegas Okke.

Tidak ada komentar: