BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 31 Mei 2011

Nunun 'Terkunci' di Bangkok

Moksa Hutasoit - detikNews

Jakarta - Penangkapan Nunun Nurbaeti memang belum dilakukan. Namun, Nunun sudah terkunci di Bangkok, Thailand. Tersangka suap pemilihan DGS BI ini dikabarkan sudah berada dalam pengawasan ketat KBRI di Bangkok. Kini tinggal dilakukan proses administrasi pemulangan.

Informasi yang dikumpulkan detikcom, Selasa (31/5/2011) tim dari KPK sudah sejak pekan lalu berada di Bangkok. Dengan dibantu Tim KBRI, KPK melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Thailand untuk memuluskan proses ini. Nunun rencananya akan diekstradisi.

"Tinggal tunggu penyerahan secara resmi," kata sumber penegak hukum yang enggan disebutkan namanya.

Nunun selama ini 'bersembunyi' di Singapura. Namun pantauan KPK, Nunun kerap pergi ke Bangkok. Nah karena ada perjanjian ektradisi dengan Thailand, tim KPK bergerak. Informasi yang dikumpulkan, begitu Nunun masuk ke Bangkok, paspor istri anggota Komisi III DPR Adang Daradjatun itu pun langsung ditarik.

"Dia sekarang ilegal, karena tidak punya paspor. Begitu lapor ke KBRI langsung diamankan. Sekarang tinggal proses," terang sumber itu.

Nunun sekarang tidak bisa ke mana-mana. Dia sudah terkunci di Bangkok. Tidak heran pimpinan KPK pun terus melakukan pemantauan dan mengontak Dubes RI di Thailand M Hatta untuk memuluskan pemulangan.

Sementara itu, juru bicara KPK Johan Budi saat dikonfirmasi terkait terkuncinya Nunun di Bangkok hanya menjawab diplomatis.

"Kami sedang mengupayakan kerjasama dengan Kemenlu," tutur Johan yang saat dihubungi mengaku tengah rapat ini.

Nunun memang sudah meninggalkan Indonesia dan berada di Singapura sejak lama. Berkali-kali dipanggil untuk diperiksa KPK, namun Nunun selalu mangkir dengan alasan sakit 'lupa'.

Per Februari 2011, Nunun telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dalam pemilihan deputi gubernur senior (DGS) BI. Untuk memudahkan mendatangkan Nunun ke Indonesia, KPK telah meminta Ditjen Imigrasi untuk menarik paspornya. Akhirnya, beberapa hari lalu, Imigrasi pun resmi menarik paspor Nunun.

Tidak ada komentar: