BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 12 Mei 2011

RI tak Akan Legalkan Peringatan Kemerdekaan Israel

Jpnn
JAKARTA -- Kabar mengenai rencana peringatan hari Kemerdekaan Israel ke 63 di Jakarta pada 14 Mei mendatang, hingga saat ini masih belum diketahui tempatnya. Namun rencana komunitas Yahudi di Indonesia ini ditanggapi sinis banyak kalangan. Termasuk dari jajaran pemerintah.


Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menegaskan, bahwa sangat mustahil bagi pemerintah Indonesia ikut melegalkan perayaan hari kemerdekaan Israel tersebut. Karena hingga saat ini, Indonesia tidak mengakui adanya negara Israel.

‘’Pemerintah tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel. Dari sisi diplomasi, kita tidak mengakui Israel. Kebijakan kita sudah jelas, tidak akan mengakui Israel sampai negara Palestina merdeka,’’ tegas Marty pada wartawan di Kantor Presiden, Kamis (12/5).

Mengenai kepastian aksi dari komunitas Yahudi yang akan digelar di suatu tempat rahasia di Jakarta, Marty menyerahkan sepenuhnya pada pihak keamanan. ‘’Setiap kegiatan tentu harus ada izin dari pihak kepolisian,’’ kata Marty singkat.

Sebelumnya, pihak Mabes Polri hingga kini mengaku belum mendapatkan laporan dari panitia acara. Kabid Penum Polri Kombes Boy Rafli Amar, mengatakan jika ada pengajuan izin, maka pihak kepolisian tentu akan mengeluarkan izin ataupun penjagaan dari hal-hal yang tidak diinginkan. ‘’Tapi sampai sekarang belum ada izin yang masuk ke kami. Justru kami tahunya dari media massa saja,’’ kata Boy Rafli.(afz/jpnn)

Tidak ada komentar: