BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 28 September 2011

KPK Rencanakan Periksa 2 Wakil Ketua Banggar DPR Hari ini

Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksa kembali dua wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Tamsil Linrung dan Olly Dondokantbey. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi terkait dugaan commitment fee untuk anggota Banggar dalam kasus suap Kemenakertrans.

"KPK akan periksa lagi Pak Tamsil dan Pak Olly sebagai saksi," ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi saat dihubungi, Selasa (27/9/2011).

KPK tidak mengirimkan surat pemanggilan karena pemeriksaan hari ini merupakan pemeriksaan lanjutan. Sebelumnya, kedua pihak telah sepakat untuk melakukan pemeriksaan lanjutan hari ini, Rabu (28/9/2011).

"Karena itu pemeriksaan lanjutan, jadi tidak perlu ada pemanggilan lagi,"

Johan menjelaskan, pekan lalu, KPK memeriksa 4 pimpinan Banggar sekaligus. Mereka adalah Ketua Banggar Melchias Marcus Mekeng dan 3 Wakil Ketua Banggar Olly Dondokantbey, Mirwan Amir, Tamsil Linrung. Karena waktu itu belum selesai, Tamsil dan Olly sepakat untuk melanjutkan pemeriksaan hari ini, Rabu (28/9/2011).

Menanggapi panggilan ini, Tamsil dan Olly menolak datang ke Kantor KPK untuk diperiksa. Alasannya mereka mengaku belum menerima surat panggilan. Mereka pun meminta penyidik KPK datang saja ke DPR jika hanya membutuhkan data-data. Jika tidak, mereka akan mengirimkan data-data yang dibutuhkan lewat pos.

"Itu nggak, nggak ada panggilan lagi. Data kan mereka bisa ambil atau bisa kami kirimkan," ujar Tamsil di DPR kemarin.

Tentu saja KPK menolak. KPK pun menegaskan akan memanggil mereka kembali jika tidak datang hari ini.

"Tidak bisa begitu. Bukan mekanisme saja, tapi konfirmasi dari yang bersangkutan mengenai keterangan dari tersangka," papar Johan.

Tidak ada komentar: