BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 23 September 2011

RI Punya Payung Tangkal Krisis Global

INILAH.COM, Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa meminta agar para pelaku pasar tidak panik dan tetap mencermati anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah yang masih berlanjut.
Hatta mengungkapkan, kondisi fundamental Indonesia saat ini masih baik. Apa yang terjadi pada IHSG dan rupiah merupakan imbas dari kondisi global.
"Kita tidak perlu panik, ini tidak berkaitan dengan fundamental. Kinerja pasar modal kita masih relatif yang terbaik. Artinya persoalan ini karena global, kekhawatiran dari para pelaku terhadap penurunan pertumbuhan terutama situasi Eropa yang volatile," papar Hatta ketika ditemui di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (22/9).
Ia melanjutkan, pemerintah dengan belajar dari pengalaman saat krisis tahun 2008 telah menyiapkan kebijakan untuk mengantisipasi kondisi krisis 2012 yang diperkirakan akan lebih buruk dari krisis sebelumnya. Serta untuk menjaga daya beli masyarakat.
"Saya tetap yakin bahwa itu tidak berkaitan dengan fundamental walau jangan underestimate. Kita tetap waspada," tuturnya. Ia mengibaratkan kalau Indonesia sebenarnya sudah memiliki payung, namun menunggu waktu yang tepat untuk digunakan. "Tapi ada payung di dekat kita," pungkasnya. [mdr]

Tidak ada komentar: