BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 29 September 2012

Inilah 10 Lembaga Negara Paling Terbuka Informasi

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Presiden Boediono memberikan penghargaan kepada 10 lembaga negara paling terbuka memberikan informasi kepada publik.

Pemberian penghargaan ini berkaitan dengan peringatan Hak untuk Tahu (Right to Know) Internasional ke-10, yang didukung pemerintah RI dengan diterapkannya UU Keterbukaan Informasi Publik No 14/2008.

Boediono mengatakan UU Keterbukaan Informasi Publik termasuk juga bagian dari pengembangan sistem demokrasi di tanah air.

"Informasi bagian yang tak terpisahkan dengan berdemokrasi di negara kita. Keterbukaan informasi akan mengantarkan kematangan demokrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik," ujar Boediono, dalam sambutan pemberian penghargaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (28/9/2012).

10 lembaga negara itu yaitu Kementerian Perindustrian dengan nilai 95,31, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Sekretaris Negara dengan nilai 91,10, Badan Atom dan Tenaga Nuklir (Batan) dengan nilai 86,41.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Koordinator Perekonomian dengan nilai 79,84. Kementerian Kehutanan, Mahkamah Konstitusi dengan nilai 78,91, Kementerian Informasi dan Informatika dengan nilai 77,97, Kementerian Kesehatan dengan nilai 75,16, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Keuangan dengan nilai 74,69. [mvi]

Tidak ada komentar: