BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 17 September 2012

Polri Minta KPK Cari Penyidik Lain

VIVAnews - Polri tidak mempermasalahkan penolakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penarikan 20 penyidik. Polri menyatakan penarikan itu tidak menyalahi aturan apapun.

"Silakan KPK keberatan, kalau mau kirim surat silakan nanti kami pertimbangkan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Agus Rianto saat berbincang dengan VIVAnews, Minggu 16 September 2012.

Menurut Agus, penarikan itu dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada. Sesuai dengan surat perintah, kata dia, para penyidik itu memang ditugaskan selama satu tahun. "Kalau masih diperlukan, silakan, kami akan mempertimbangkan," katanya.

Namun, kata Agus, Polri tidak akan memperpanjang masa tugas 20 penyidik itu di KPK. Polri siap menyediakan personel lainnya untuk menggantikan para penyidik yang ditarik tersebut. "Silakan KPK mengajukan, kami tunggu. Nanti KPK yang menentukan masalah rekrutmennya," kata Agus.

Agus menambahkan, penarikan itu tidak dilakukan secara tiba-tiba. Penarikan itu telah sesuai dengan program Polri. Apalagi, tambah dia, para penyidik itu juga memerlukan jenjang karir di Polri. "Kalau terus di KPK, karir mereka akan terhambat. Nanti yang lain pangkatnya sudah bertambah, mereka akan tetap saja," ujarnya. (adi)

Tidak ada komentar: