BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 17 September 2012

Komisi III Panggil KPK, Polri, dan Kejagung Pagi Ini

Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Jakarta Komisi III DPR memanggil 3 institusi penegak hukum yakni KPK, Polri, dan Kejagung, pukul 10.00 WIB hari ini. Sejumlah isu krusial dibahas.

"Rapat gabungan dengan KPK, Polri, dan Kejagung, dijadwalkan pukul 10.00 WIB nanti. Kita akan membahas bagaimana memastikan sinergisitas penegak hukum dalam pemberantasan korupsi supaya lebih baik lagi," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy, kepada detikcom, Senin (17/9/2012).

Komisi III DPR juga akan menyoroti sejumlah isu yang ramai dibicarakan. Seperti penarikan 20 penyidik KPK oleh Polri.

"Kita akan menyatukan lembaga penegak hukum dalam pemberantasan korupsi. Karena baik KPK, Polri, dan Kejagung diberi anggaran, SDM, dan payung hukum oleh negara untuk bahu-membahu bukan menunjukkan ego institusi," tambah Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika.

Penarikan 20 penyidik KPK oleh Polri memang jadi sorotan. Sejumlah anggota Komisi III menentang ide ini.

"Ini bisa menganggu kinerja KPK. Kalau memang ditarik, polisi harus mempersiapkan penyidik penggantinya secepatnya," nilai anggota Komisi III DPR Saan Mustopa.

20 Penyidik ditarik Polri dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini membuat KPK keberatan karena selama ini hanya bekerja dengan 80 penyidik. KPK pun siap melayangkan surat keberatan kepada Polri.

"Yang jelas kami keberatan. Pokoknya kami akan kirim surat dan kita akan ajukan keberatan. Kan di Polri itu banyak orang dan penyidik," ujar pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja, di sela Deklarasi Anti Politik Uang, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Tidak ada komentar: