BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 03 September 2012

M Jasin Diharapkan Benahi Kemenag

INILAH.COM, Jakarta - Langkah Kementerian Agama merekrut mantan pimpinan KPK M Jasin sebagai Inspektur Jenderal Kemenag pada tahun ini diakui memberikan perbaikan.

Menurut Ketua KPK Abraham Samad, ada sejumlah perbaikan yang dilakukan kementerian tersebut. Meski begitu, KPK tetap independen menyoroti kelemahan-kelemahan sistem di lembaga negara yang mengurusi kepentingan umat beragama itu.

Sementara itu, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Ade Irawan mengatakan meski jujur dan bersih, Jasin belum berani bertidak dalam memberantas korupsi di kementrian yang dipimpin Suryadharma Ali itu.

Sebab, saat menjabat sebagai pimpinan KPK, Jasin tidak cukup berani mendorong Kemenag untuk melaksanakan rekomendasi-rekomendasi dari KPK terkait pelaksanaan ibadah haji. Apalagi sekarang posisi Jasin berada di bawah menteri.

"Kalau hanya jujur tapi tidak berani melakukan sesuatu, ya sama saja. Dulu, di lembaga yang memiliki kuasa besar saja keberaniannya masih dipertanyakan, apalagi sekarang di bawah kementerian," tegas Ade.

Meski begitu, dia berharap kehadiran Jasin mampu membawa perubahan di tubuh Kemenag. [yeh]

Tidak ada komentar: