BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 01 April 2014

Cegah Manipulasi Suara, Ini Saran KPU ke Parpol

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada seluruh perwakilan partai politik untuk mencegah manipulasi suara pada pelaksanaan Pemilu 2014, dengan cara memperhatikan semua dokumen pemilu dengan baik.

Seperti dokumen C1 beserta lampirannya saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS), formulir D1 beserta lampirannya hasil rekap di kelurahan, formulir DA 1 hasil rekap di kecamatan, dan formulir  DB 1 hasil rekap di kabupaten/kota.

"Harap semua disimpan, diperhatikan. Jadi bisa kontrol," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantor KPU, Jakarta, Selasa 1 April 2014.

Apabila parpol tidak memperhatikan hal ini, dampaknya akan fatal. Terlebih jika terjadi perubahan data perolehan suara.

"Mereka dikasih formulir kan. Itu uang negara, masak tidak dipakai. Silakan itu (C1) difoto. Dulu tidak ada cara seperti itu. Sekarang scan C1 juga ada, meski ini juga makan waktu," ujarnya.

Hadar berharap dengan cara di atas, tidak ada lagi kecurangan seperti Pemilu 2009 yang lalu. Dia menegaskan kalau kecurangan itu tetap terjadi maka akan segera diketahui dimana masalahnya. "Semua ada pidananya. Manipulasi itu pidana," tegasnya. (ita)

Tidak ada komentar: