BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 16 April 2014

Siapa Meiriana Soetoyo yang undang Jokowi ketemu dubes asing

MERDEKA.COM. Calon Presiden PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) Senin (14/4) malam menggelar pertemuan dengan beberapa duta besar negara sahabat. Seusai pertemuan, Jokowi mengatakan, pertemuan hanya membicarakan situasi geopolitik internasional pada saat ini.

"Tadi itu di rumah Jacob Soetoyo. Tapi yang undang Bu Meiriana, keluarga besar Pak Jacob. Bu Meiriana yang punya yayasan di Cempaka Putih. Pembicaraan banyak, berkaitan geopolitik seperti apa," ujar Jokowi di kediamannya Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, (14/4).

Pada pertemuan tersebut tampak hadir Dubes AS Scot Marciel, Dubes Peru Juan Alvarez Vita, Dubes Meksiko Melba Pria, Dubes Inggris Mark Canning dan Dubes Turki Zekeriya Akcam. Jokowi ditemani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri keluar rumah dari kediaman Jacob sekitar pukul 22.15 WIB dengan mobil Mercedez Benz bernomor polisi B 609 HPM.

Siapa Meiriana Soetoyo dan Jacob Soetoyo? 

Meiriana Soetoyo dikenal sebagai Direktur Pelaksana di Yayasan Amal Gesit. Dia juga memimpin Gesit Group, kelompok usaha yang bergerak di banyak bidang seperti industri manufaktur, properti, perdagangan, dan jasa. Meiriana Soetoyo juga merupakan wakil komite tetap kerja sama ekonomi multilateral dan perdagangan internasional Kadin periode 2008-2013 di bawah pimpinan MS Hidayat. 

Sementara, Jacob Soetoyo dikenal sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Alakasa Industrindo Tbk sejak 2006. Dia juga menjadi komisaris di PT Gesit Alumas dan menjabat posisi penting di banyak perusahaan di bawah nama Gesit Grup. 

Kegiatan PT Alakasa Industrindo adalah menjalankan usaha dalam bidang perdagangan umum, perwakilan atau keagenan, pemborong (kontraktor), industri manufakturing dan fabrikasi, pengolahan barang-barang dari logam dan aluminium, percetakan dan pemukiman (real estate). Jacob Soetoyo juga sebagai pemilik JS Luwansa Hotel, hotel berbintang di kawasan Kuningan, Jakarta. 

Jacob Soetoyo juga dikenal sebagai anggota dewan pengawas sebuah lembaga think tank Centre For Strategic and International Studies (CSIS).

Tidak ada komentar: