BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 06 Juli 2014

9.092 WNI di Jepang Gunakan Hak Pilih Pilpres Hari Ini

Andri Haryanto - detikNews

Jakarta - Sebanyak 9.092 pemilih yang ada di Jepang menggunakan hak pilihnya di Pilpres 2014 hari ini. Namun, hanya sebagian saja yang datang ke TPS yang disediakan, sementara sisanya mengirimkan suaranya melalui pos.

Kesibukan menjelang pencoblosan mulai terlihat sejak pagi hingga menjelang waktu pemilihan pada pukul 08.30 waktu setempat.

Sejumlah pemilih yang bermukim di Yokohama, Kawasaki, dan Ibaraki ikut dalam perhelatan nasional ini. Dan menjelang tengah hari, jumlah pemilih yang hadir mulai makin meningkat.

"Yang akan memberikan suara di TPS Tokyo yang berlokasi di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) itu hanya berjumlah 1.311 mata pilih saja. Sementara sebagian besar lainnya, terutama karena faktor jarak dan ketersebaran tempat tinggal, memberikan suaranya melalui Kantor Pos," tulis Dubes Yusron Ihza Mahendra ini dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Minggu (6/7/2014).

Yusron mengaku senang dengan jumlah pemilih yang hadir di Tokyo. Hal tersebut menunjukan tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

"Saya bangga terhadap para warga yang sadar untuk menggunakan hak pilihnya," kata adik politisi Yusril Ihza Mahendra ini.

Secara teknis, panitia membagu pemilih menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang datang dengan membawa surat undangan untuk memilih, sedangkan kelompok kedua adalah mereka yang tidak memiliki surat undangan dan datang dengan menunjukkan bukti identitas diri.

Adapun untuk mempercepat proses pemberian suara, pihak PPLN menggunakan sebuah terobosan dengan menggnakan sistem barcode.

"Kecepatan ini diperlukan untuk mencegah jangan sampai ada warga yang belum mendapat panggilan pada saat TPS ditutup," kata Ketua PPLN Tokyo Husni Thamrin.

Menurut jadwal, penghitungan suara atas pemberian suara langsung di TPS Tokyo hari ini akan dilakukan tanggal 9 Juli nanti. Sementara penghitungan surat suara yang dikirim melalui Kantor Pos, akan dilakukan tanggal 15 Juli.

Tidak ada komentar: