BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 22 Juli 2014

Sultan HB X minta tim pemenangan capres-cawapres tetap tenang

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi

Yogyakarta (ANTARA News) - Tim pemenangan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla diminta tetap tenang dan ikut menjaga kondusivitas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami minta tim pemenangan capres-cawapres mengkoordinasi para kader dan simpatisannya untuk tetap tenang dan ikut menjaga DIY tetap nyaman dan aman," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Markas Korem 072 Pamungkas Yogyakarta, Selasa.

Usai rapat koordinasi dengan Komandan Korem 072 Pamungkas, Kapolda DIY, dan tim pemenangan dua pasangan capres-cawapres, Sultan mengatakan kondisi dan situasi di DIY pascapengumunan hasil pemungutan suara Pilpres 2014 oleh KPU diharapkan tetap kondusif.

Menurut dia, rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait itu diadakan menyusul pernyataan calon presiden Prabowo Subianto yang mengundurkan diri dan menolak pelaksanaan Pilpres 2014.

"Dalam rapat koordinasi itu kami telah bicara dan sepakat akan menjaga kondisi dan situasi di wilayah DIY tetap kondusif, nyaman, dan aman. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tetap tenang," katanya.

Ia mengatakan masyarakat diharapkan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memperkeruh suasana menyusul sikap salah satu capres yang mengundurkan diri dan menolak pelaksanaan Pilpres 2014.

"Kami telah berdialog dengan tim pemenangan dua pasangan capres-cawapres terkait dengan pernyataan salah satu capres yang tidak mengakui hasil pemungutan suara Pilpres 2014 oleh KPU. Semua pihak sepakat menjaga DIY tetap kondusif," katanya.

Menurut dia, dirinya tidak akan mengomentari sikap politik salah satu capres tersebut karena sudah ada lembaga yang diberikan mandat oleh undang-undang untuk mengumumkan hasil pemungutan suara Pilpres 2014.

"Saya tidak akan menanggapi aspek politik dari sikap salah satu capres. Saya tidak akan komentar mengenai hal itu," kata Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Hadir dalam rapat koordinasi itu Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Sabrar Fadhilah, Kapolda DIY Brigjen Oerip Soebagyo, Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Herry Zudianto, dan Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Bambang Praswanto. (*)

Tidak ada komentar: