BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 06 April 2014

MH370 Terbang Hindari Wilayah Indonesia Agar Tak Terdeteksi Radar

Indah Mutiara Kami - detikNews

Kuala Lumpur - Seorang pejabat senior di pemerintahan Malaysia menyatakan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 terbang di sekitar zona udara Indonesia -- bukan di wilayah Indonesia -- dan mengarah ke selatan Samudera Hindia. Jalur penerbangan yang menghindari Indonesia tersebut dipilih kemungkinan agar tidak terdeteksi oleh radar. 

Dilansir dari CNN, Minggu (6/4/2014), pejabat senior Malaysia tersebut mengatakan bahwa detail terbaru telah ditambahkan pada jalur penerbangan yang dikalkulasikan oleh investigator. Setelah meninjau rekam jejak data radar dari negara-negara tetangga, para pejabat menyimpulkan bahwa MH370 berbelok ke utara Indonesia sebelum mengarah ke selatan menuju Samudera Hindia bagian selatan. 

Jalur itu berada di sekitar Indonesia, namun pesawat tidak terbang di atas Indonesia atau wilayah udara Indonesia. Menurut sumber tersebut, MH370 kemungkinan sengaja diterbangkan sepanjang rute yang dirancang untuk menghindari deteksi radar. 

Petunjuk terbaru dalam pencarian MH370 adalah dua sinyal yang dideteksi oleh kapal milik China, Haixun 01, di Samudera Hindia. Sinyal yang pertama dideteksi pada Jumat (4/3) dan yang kedua pada Sabtu (5/4), keduanya hanya berjarak 2 km. Sebanyak 10 pesawat militer, 2 pesawat sipil, dan 13 kapal telah ditugaskan untuk membantu pencarian pesawat tersebut. 

Armada tersebut menelusuri area perairan seluas 217 ribu kilometer persegi yang berjarak 1.700 kilometer barat Perth, Australia.

Pihak Indonesia jauh hari telah menegaskan pesawat itu tidak pernah menyentuh wilayah Indonesia. TNI AU yang menyatakan MH370 tak pernah terdeteksi radar.

"Kalaupun masuk ke wilayah Indonesia, pasti tertangkap oleh radar kita. Dan kita nggak nangkap," ujar Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (15/3/2014).

Tidak ada komentar: