BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 05 April 2014

Ribuan WNI di Timur Tengah Ramaikan TPS-TPS di Kantor Perwakilan RI

Ayunda W. Savitri - detikNews

Jakarta - Pemilu Legislatif 2014 di luar negeri telah berjalan dengan baik. Pada Jumat (4/4), sebanyak 1.010 orang WNI telah menyalurkan hak suara mereka dengan mencoblos langsung di TPS KJRI Dubai.

WNI yang memberikan hak pilihnya di KJRI Dubai datang dari 6 wilayah akreditasi KJRI Dubai, yaitu Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Fujairah. 

Pihak KBRI Dubai mengklaim pelaksanaan Pemilu kali ini terjadi peningkatan tajam jumlah WNI yang datang mencoblos langsung di TPS dibandingkan Pemilu sebelumnya. Peningkatan ini karena sosialisasi luas yang dilakukan PPLN dan KJRI Dubai sejak 2013 melalui berbagai macam media, baik secara langsung dalam forum pertemuan masyarakat dan pelayanan kekonsuleran KJRI Dubai, maupun pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal antara lain melalui situs internet PPLN Dubai, surat elektronik, jejaring sosial “Facebook” KJRI Dubai dan layanan “Push-SMS” PPLN Dubai melalui telepon genggam yang menjangkau para WNI yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Dubai. 

Ratusan WNI di Khaurtoum, Sudan juga memberikan suaranya secara tertib di TPS di halaman KBRI.

"Jumlah pemilih yang ramai pada pagi hari, tapi sangat sepi saat pelaksanaan salat Jumat. Hanya terlihat sekitar belasan ibu-ibu dan mahasiswi yang mengunakan hak suaranya di TPS. Hal ini mengingat umumya WNI di Sudan adalah beragama Islam dan proses pemungutan suara kembali ramai pasca pelaksanaan salat Jumat," ungkap Dubes RI Khartoum dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (5/4/2014).

Di sisi lain Ketua PPLN Khartoum, Suaib Tahir menjelaskan jumlah WNI yang memiliki hak pilih berdasarkan DPT ada 554 orang dan DPT Tambahan sebanyak 6 orang. Mereka akan mengunakan jasa pos dan PPLN.

"Mengenai penghitungan suaranya, penghitungan hasil TPS akan dilaksanakan pada 9 April. Sementara surat suara melalui pos akan dihitung pada 11-14 April. Kemudian pelaporan hasil akhir akan disampaikan pada 15 April 2014 ke Pokja Kementerian Luar Negeri," jelas Suaib.

Sementara itu, PPLN Yaman, Arab Saudi menacatat terdapat 2.300 pemilih yang terdaftar dalam DPT. Lokasi pemungutan suara ditempatkan di tiga propinsi, yakni TPSLN Sana'a, Hudaidah dan Tarim.

Selain bisa memberikan sua

Tidak ada komentar: