BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 09 April 2015

30 Bus Zhong Tong Sudah Beroperasi Sejak 1 April 2015

KEBAYORAN BARU - Setelah kurang lebih satu bulan mengandangkan bus Transjakarta dengan merek Zhong Tong, PT Transportasi Jakarta (TJ) akhirnya mengoperasikan kembali 30 bus itu pada 1 April 2015 lalu.‎
Hal itu dilakukan karena pihak Agen Pemegang Merek (APM) Zhong Tong telah memberikan jaminan terhadap bus tersebut.
Direktur Utama PT Tr‎ansportasi Jakarta, Antonius NS Kosasih menuturkan, bus Transjakarta koridor IX jurusan Pinang Ranti-Pluit sudah secara resmi beroperasi kembali 1 April 2015 lalu.
Menurut Kosasih, APM Zhong Tong sudah mengetes semua bus dan diawasi oleh team teknisi PT Transportasi Jakarta.
"‎Sudah uji statis, uji dinamis dan uji validasi dan hasilnya baik," kata Kosasih saat dihubungi Warta Kota di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/4/2015).
Menurut Kosasih, APM ZhongTong juga sudah melakukan tanda tangan akta notaris jaminan keamanan dan keselamatan kendaraan. Sehingga, pihak PT Transportasi Jakarta berani mengoperasikan bus tersebut.
‎"Semua sudah diperbaiki dan diganti baru, termasuk bagian-bagian yang tidak rusak tapi dikhawatirkan terkena dampak," tutur Kosasih.
Setelah dilakukan penyelidikan, Kosasih menjelaskan peristiwa kebakaran bus Transjakarta‎ karena ada bagian laher mesin yang macet. Sehingga waktu van-belt berputar ada bagian yang tergesek dan membara sehingga api menyala.
"Diduga karena efek uap air yang menguap ke atas waktu bis terendam banjir dan tidak kelihatan karena di bagian dalam," ungkapnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah bus gandeng Transjakarta dengan nomor polisi B 7195 IX jurusan Pinang Ranti-Pluit terbakar.
Bus terbakar saat melintasi Jalan Gatot Subroto, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (8/3/2015) sekitar pukul 07.10 WIB.
Bagian belakang bus dengan merek Zhong Tong itu‎ habis dilalap si jago merah.
Bus oranye yang mengarah Semanggi atau tepatnya di dekat Kantor Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) tiba-tiba terbakar di bagian mesin.
Api yang terlihat berkobar, membuat panik penumpang dan sopir yang ada di dalam bus.
Pantauan Warta Kota, kondisi arus lalulintas yang relatif sepi menjadi cukup ramai dan padat akibat kejadian tersebut.
Kemacetan pun tak terhindarkan, karena tiga unit mobil pemadam kebakaran terlihat sibuk memadamkan api di sekitar lokasi kejadian.
Akibat peristiwa kebakaran itu, 30 bus Transjakarta merek Zhong Tong ditarik oleh PT Transportasi Jakarta.
Hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan para penumpang dalam menggunakan moda transportasi unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu.‎

Tidak ada komentar: