BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 29 April 2015

May Day di Monas, Keperluan Ibadah Salat Jumat Buruh Disiapkan Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Jakarta - Peringatan May Day 1 Mei jatuh pada Hari Jumat. Selain menggelar aksi unjuk rasa, massa akan menggelar salat Jumat di kawasan Monas. Segala keperluan ibadah itu disiapkan Kepolisian Daerah Metro Jaya.

"Semua keperluan ibadah disediakan oleh petugas kepolisian," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Keperluan salat Jumat itu di antaranya air wudhu dan juga karpet sajadah. Pelaksanaan salat Jumat dilaksanakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Sekitar 178 ribu buruh yang tergabung dari sejumlah kelompok serikat buruh akan melakukan aksi unjuk rasa dalam memperingati May Day ini. Aksi demo dilakukan secara terpusat di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Massa rencananya long march dari Bundaran HI‎ hingga ke depan kawasan Istana Negara. Aksi ini akan dikawal aparat kepolisian.

Dalam peringatan May Day ini, massa akan menyuarakan tuntutannya seperti menolak kenaikan upah 2 tahun sekali, jaminan dana pensiun dan kesehatan. Selain itu, massa menuntut penghapusan outsourcing, menolak pasar bebas tahun 2015, hingga masalah ketenagakerjaan serta menolak kenaikan harga BBM dan gas.

"Menyikapi hal tersebut, Polri sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban harus mampu mengamankan jalannya aksi unjuk rasa para serikat pekerja dan buruh tersebut agar dapat berlangsung secara aman, tertib, damai dan kondusif," paparnya.

Untuk kelancaran May Day ini, Polda Metro Jaya menyiapkan 14.404 personel yang terdiri dari 5.217 personel Satgas Polda Metro Jaya, 6.689 personel Satgas Polres, 1.597 personel BKO Mabes Polri, 300 personel BKO TNI dan 601 personel BKO Pemda DKI.

Tidak ada komentar: