BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 15 April 2015

BNN: Masalah Narkoba Harus Ditangani Secara Luar Biasa

 Jpnn
JAKARTA - Permasalahan narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba) merupakan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime bersifat global). Makanya, penanganan penyalahgunaan narkoba juga harus dilakukan secara luar biasa.
Penegasan ini disampaikan Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dr. Diah Setia Utami saat mengawali dialog dalam kegiatan pergelaran seni budaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Ketgiatan tersebut terlaksana bersama Kementerian Sosial yang diadakan di Ruang Nareswara Lantai 4 Gedung Smesco UKM  Jl. Gatot Subroto Kav.94 Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (14/4).
Penanganan luar biasa yang dimaksud adalah secara komperehensif dengan mengedepankan prinsip “common and shared responsibility". Apabila pendekatan ini tidak dilakukan maka bangsa Indonesia akan mengalami kerugian yang tidak ternilai.
“Narkoba sudah masuk di tempat-tempat yang tidak bisa dideteksi, karena target dari bandar sudah mengejar semua kalangan ekonomi baik kuat maupun lemah. Pola pkir untuk mengatakan tidak kepada narkoba dan merehab korban/pecandu narkoba inilah yang harus dibangun terus," kata Diah.
Dalam kegiatan yang sama, Direktur Rehabilitasi Sosial Kemensos, Waskito Budi Kusumo menyatakan kementeriannya turut mendukung upaya Gerakan Rehabilitasi Pecandu Narkoba sebanyak 10.000 orang.  
"Kami menyiapkan tenaga pekerja sosial sebanyak 700 orang dan konselor adiksi 500 orang yang dibekali untuk mempunyai pendekatan general kepada para pecandu, selain itu Kemensos juga memiliki panti rehabilitasi di Medan, Sumatera Utara dan Bogor, Jawa Barat yang sudah menjalankan fungsi dan tugasnya, terangnya
Kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dikemas dalam bentuk pagelaran ini juga dihadiri oleh Psikolog, A Kasandra Putranto dan Ika Dalimounthe yang juga pemiilik Yayasan Kita & Buah Hati.
“Perjuangan melawan narkoba perlu didukung oleh berbagai elemen karena semakin hari bandar semakin cerdas untuk menjerumuskan generasi muda menjadi rusak, maka sebaiknya orangtua perlu memiliki cara berkomunikasi yang benar dan mewaspadai zat-zat yang mengandung narkoba tersebut," ujarnya.

Tidak ada komentar: