BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 16 April 2015

Hari Ini Presiden Jokowi Tumpangi Helikopter ke Bandung Cek Persiapan KAA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan memantau persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika 2015 di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (16/4/2015) ini. Persiapan KAA 2015 kini sudah mencapai tahap akhir dengan tingkat penyelesaian mencapai 95 persen.\
"Rencananya Bapak Presiden akan meninjau ke Bandung," ujar Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan di istana kepresidenan, Kamis (16/4/2015).
Presiden akan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma dengan menggunakan helikopter ke Bandung. Rencananya, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani turut mendampingi presiden.
Setelah memeriksa kesiapan di Bandung, Luhut mengatakan, Presiden Jokowi akan mengikuti gladi bersih pelaksanaan KAA yang dilakukan di Jakarta pada Jumat (18/4/2015). Untuk mempersiapkan acara puncak pada tanggal 24 April di Bandung, Presiden akan bertolak sehari sebelumnya untuk menyambut para kepala negara yang akan melakukan historical walk di Bandung.
Terkait kesiapan KAA, Luhut mengatakan, persiapannya mencapai 95 persen. Seluruh instansi terkait mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian hingga TNI tinggal menyelesaikan persiapan akhir.
Kepala-kepala negara yang sudah mengonfirmasi kehadiran sebanyak 30 orang dari 109 negara yang diundang. Namun, mereka yang hadir tak hanya kepala negara tapi juga perwakilan-perwakilannya sehingga total negara yang akan mengikuti KAA hingga kini berjumlah 70 negara.
"Mari kita sebagai tuan rumah yang baik, sebagai host yang baik, kita terima tamu dengan baik. Kita negara yang berdemokrasi," pesan Luhut.
Peringatan 60 tahun KAA akan berlangsung dari 19-24 April 2015. Pada 19 April akan dilangsungkan pertemuan pejabat tinggi (SOM) di Jakarta dan Pertemuan Tingkat Menteri pada 20 April. Sedangkan Konferensi Tingkat Tinggi KAA akan berlangsung di Jakarta pada 22-23 April.
Rangkaian peringatan 60 tahun KAA akan berakhir pada 24 April di Bandung di mana para kepala negara akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homan ke Gedung Merdeka.
KTT KAA tahun ini diharapkan menghasilkan tiga dokumen yaitu Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Asia dan Afrika (NAASP) dan deklarasi mendukung kemerdekaan Palestina.

Tidak ada komentar: