BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 04 April 2016

Dua Tipe Ujian Nasional Siap Digelar Mulai Hari Ini

TEMPO.CO, Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto melakukan inspeksi kesiapan penyelenggaraan Ujian Nasional 2016 di SMAN 70 Jakarta. Dalam inspeksi ini ia memeriksa keamanan soal dan mengecek perangkat komputer yang akan digunakan untuk ujian nasional berbasis komputer.

"Semua sudah siap, tadi memastikan semua prosedur dijalankan dengan baik, tadi cek prosedur pembukaan gudang, di sana aparat juga hadir," kata Daryanto di SMAN 70, Jakarta, 4 April 2016. Inspeksi ini sekaligus memeriksa segel soal UN berbasis kertas (Paper Based Test) dalam kondisi baik. Selain itu memastikan pula prosedur pendistribusian soal ke sekolah-sekolah lainnya.

SMAN 70 menjadi gudang penyimpanan soal UN untuk disebarkan ke 11 sekolah swasta di kawasan Rayon 13 Jakarta Selatan. Daryanto mengecek pula kesiapan perangkat komputer yang akan digunakan dalam UNBK. Ini merupakan tahun ke dua SMAN 70 menyelenggarakan ujian nasional berbasis computer.

Ujian nasional berbasis kertas digelar 4-7 April 2016 untuk jenjang SMA sederajat. Adapun ujian nasional berbasik komputer digelar 4-7 dan 11-12 April 2016.

Untuk tahun ini, Daryanto menuturkan, jumlah sekolah penyelenggara UN berbasu komputer naik delapan kali lipat dari tahun sebelumnya. Tercatat tahun lalu hanya 554 sekolah, sekarang 4.381. "Memang belum 100 persen sekolah negeri di Indonesia berbasis komputer semua," ujarnya.

Daryanto meminta para pelajar tidak terpengaruh dengan isu kunci jawaban yang beredar. Ia memastikan UN tidak lagi menentukan kelulusan, sehingga pelajar tidak perlu merasa terbebani.

AHMAD FAIZ

Tidak ada komentar: