BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 21 Mei 2011

Biaya Kuliah di ITB Minimal Rp35 juta per Tahun

INILAH.COM, Bandung - Bagi mereka yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp35 juta per tahun.

Jumlah biaya pertahun tersebut termasuk biaya penyelenggaraan pendidikan yang mencapai nilai kurang lebih Rp5,5 juta per semesternya. Selain itu, terdapat juga pembiayaan untuk penunjang mata kuliah lainnya.

"Untuk kuliah di ITB khususnya di Prodi Teknik Kimia, setiap mahasiswa setidaknya harus menyiapkan dana sebesar Rp35 juta per tahun," ungkap Dekan Prodi Teknik Kimia ITB, Hermawan K Dipojono usai penandatangan beasiswa dan ikatan dinas bagi 10 mahasiswanya dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, di Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) X ITB, Jalan Ganesha Bandung, Jumat (20/5/2011).

Meski demikian, lanjut Hermawan, setiap program studi (prodi) di ITB memiliki kerjasama dengan pihak industri salah satunya dalam hal pemberian beasiswa. Dengan demikian, pembiayaan kuliah setiap mahasiswa di ITB bisa terbantu dengan program beasiswa tersebut.

Khusus untuk prodi Teknik Kimia ITB, tahun ini tercatat sekitar 110 mahasiswa mengikuti perkuliahan. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 5 persen yakni 5 sampai 6 mahasiswa yang terbilang gagal terserap di dunia kerja.

"Jadi sekitar 100 sampai 105 mahasiswa berhasil di serap dunia industri. Dan 20 persennya, biasanya, pergi ke luar negeri untuk melanjutkan studi atau bekerja," tandasnya. [gin]

Tidak ada komentar: