BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 12 Mei 2011

Hamzah Haz: Memperlakukan Koruptor Laiknya Teroris Tidak Tepat

Adi Nugroho - detikNews


Jakarta - Sama-sama mantan wapres, tapi beda pendapat. Jika Jusuf Kalla setuju penyamaan koruptor dengan teroris, Hamzah Haz tidak sependapat.

Wacana memperlakukan koruptor layaknya teroris mencuat dalam Konferensi Dunia Anti Suap di Nusa Dua, Bali. Menurut mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, gagasan ini tidak tepat.

"Saya kira kan beda ya, tidak tepat. Mesti beda perlakuannya,'' ujar Hamzah usai menerima kunjungan pimpinan MPR di kediamannya, Jl Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/5/2011).

Menurut Hamzah, koruptor tidak memiliki ideologi yang diperjuangkan seperti halnya teroris. Karena itulah memperlakukan koruptor seperti halnya teroris tidaklah tepat.

"Teroris kan ideologis. Sementara koruptor hanya orang yang ambil uang negara karena agamanya tipis, tidak ideologis. Kecuali dialirkan ke agenda tertentu," papar mantan Ketum PPP ini.

Lebih lanjut Hamzah mengemukakan pentingnya pendidikan moral dan agama bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya karena moral dan agama yang rusak inilah kenapa sekarang banyak teroris dan koruptor.

"Kalau perlu tiap sekolah atau perkantoran dibangun masjid," katanya.

Pendapat Hamzah berbeda dengan Jusuf Kalla yang disampaikan Rabu kemarin. Kalla setuju koruptor disamakan dengan teroris, bahkan mendukung Densus 88 terlibat di dalamnya.

Tidak ada komentar: