BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 08 Mei 2011

JK Pernah Tolak Pembelian Pesawat Xian MA 60

“Sejarah pesawat itu memang penuh perdebatan"

VIVAnews- Pesawat Merpati jenis MA 60 buatan Xian Aircraft-China yang jatuh di Kaimana, Papua Barat belum mendapat sertifikat penerbangan dari Federal Aviation Adminstration (FAA) Amerika Serikat. Bahkan Mantan Presiden Jusuf Kalla pernah menolak pembelian pesawat itu saat masih menjabat.

“Sejarah pesawat itu memang penuh perdebatan. Saya menolak sejak awal karena tak bersertifikat FAA AS dan pesawat tidak memiliki track record,” kata Jusuf Kalla usai menghadiri resepsi pernikahan anak Wakil Ketua DPRD Jateng Bambang Sadono di Balai Merapi, Kawasan Marina, Semarang, Minggu 8 Mei 2011.
Kalla mengaku tidak mengetahui jika akhirnya pesawat dibeli. Menurutnya ketika itu mantan Ketua Umum Partai Golar yang datang langsung ke Beijing untuk urusan pesawat itu memutuskan jika memang  pesawat harus didatangkan  mekanismenya harus sewa bukan beli. Dengan demikian, urusan maintenance dan lain-lain masih menjadi urusan sang produsen.

“ Karena sistem sewa, produsen harus bertanggung jawab jika ada masalah dengan pesawat tersebut. Salah satu caranya, produsen diharuskan membangun pabrik dan menyiapkan teknisi dari Cina,” tandasnya

Namun Kalla tidak ingin menebak-nebak penyebab jatuhnya pesawat yang menewaskan seluruh penumpangnya tersebut. Ia tidak mengetahui penyebab kecelakaan tersebut. "Yang jelas, kecelakaan itu bisa disebabkan macam-macam. Mulai cuaca, human error, atau teknis mesin jadi harus diselidiki secepatnya untuk mengetahui penyebab pasti  jatuhnya pesawat itu,” ujar Kalla.

Seperti diketahui kecelakaan pesawat Merpati tipe MA60 terjadi pada Sabtu, 7 Mei 2011, pukul 14.05 WIT di perairan Kaimana, 500 meter dari sisi runway Bandar Udara Kaimana. Pesawat Merpati sempat berputar-putar sebelum memutuskan turun dan akhirnya jatuh.

Tidak ada komentar: