akarta (ANTARA News) - Persiapan panitia penyelenggara KTT ASEAN ke-18 di Jakarta Hall Convention Center (JHCC) sudah mencapai 90 persen.

"Persiapan kita sudah mencapai 90 persen sampai hari ini," kata Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI Luthfi Rauf, seusai menerima kunjungan Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono di JHCC, Rabu.

Kunjungan Wapres tersebut dalam rangka meninjau persiapan KTT ASEAN yang puncaknya pada 7-8 Mei 2011 yang rencananya dihadiri sepuluh kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN.

"Bila perlu ada yang diperbaiki dalam persiapan ini, maka diperbaiki yang penting proses terus berjalan," kata Luthfi, menjelaskan.

Mengenai proses penyambutan para kepala negara dan kepala pemerintahan yang akan dilaksanakan, tentunya sesuai dengan prosedur tetap (protap) ASEAN yang telah ada standarnya, katanya.

"Persiapan pelaksanaan KTT terus kita sempurnakan," kata Luthfi.

Rumah sakit rujukan yaitu Rumah Sakit Gatot Soebroto.

Adapun jalan-jalan sebagai rute kepala negara dan delegasi KTT ASEAN yaitu dari bandara Soekarno-Hatta - hotel - JHCC Senayan.

Sedangkan delapan hotel tempat menginap kepala negara ASEAN dan delegasi yaitu Hotel Indonesia Kempinsky, Hotel Grand Hyatt, Hotel Mandarin, Hotel Four Season, Hotel Shangri-la, Hotel Mulia Senayan, Hotel Ritz-Carlton, dan Hotel JW Marriot.

Polri pada KTT ASEAN ke-18 pada tanggal 4-8 Mei 2011 mengerahkan sekitar 4.385 personil guna mengamankan acara ini. Polri memiliki tugas pengamanan pada sektor (ring) II dan III, sedangkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bertanggung jawab terhadap pengamanan utama atau ring I.