BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 05 April 2014

Kampanye Terbuka Sekarang Tak Seperti Masa Lalu

Rois Jajeli - detikNews

Surabaya - Hari ini tiga partai politik yaitu Golkar, Demokrat, dan Gerindra menggelar kampanye terbuka di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Puluhan ribu simpatisan yang menjadi massa masing-masing parpol tersebut diperkirakan bakal hadir.

Meski demikian, kondisi keamanan diperkirakan tak seperti show of forcekampanye masa lalu yang selalu dihantui rasa was-was akan menjadi korban anarkisme pendukung parpol.

"Kita tidak merasakan greget kampanye terbuka, karena masyarakat sudah berubah memaknai kampanye terbuka. Show of force pada kampanye terbuka sekarang ini sudah tidak digemari masyarakat," ujar Hariyadi, pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (5/4/2014).

Ia mengatakan kampanye terbuka sekarang ini yang tidak digemari tak hanya terjadi di Jawa Timur saja. Dari pantauan kampanye terbuka berbagai partai politik di berbagai daerah di Indonesia, 'kampanye' lebih greget di media sosial.

"Sekarang ini bergeser ke media sosial. Kalau ada kampanye terbuka dan sifatnya show of force, itu hanya cenderung memuaskan para kader," tuturnya.

Hariyadi menegaskan, militansi kader dan simpatisan partai tak seperti masa lalu. Menurutnya, militansinya sudah tidak berbasis ideologi partai yang kuat dan mereka cenderung pragmatis ketika berafiliasi dengan partainya.

"Sekarang ini upaya membela partai dengan militansi teredukasi dan cenderung pragmatis," terangnya sambil menambahkan, meski ada kampanye terbuka, gesekan antar pendukung parpol diperkirakan kecil tak seperti masal lalu.

"Benturannya kecil saja, hanya mungkin senggolan pada kecelakaan, tapi tidak akan meluas. Aparat keamanan (polisi) tetap mengamankan karena itu memang bagian dan kewajiban polisi menjaga keamanan," tegasnya melanjutkan.

Tidak ada komentar: