BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 Desember 2014

Djarot Siap Kembalikan Peran Pasar Tradisional

INILAHCOM, Jakarta - Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat mengatakan sudah memiliki beberapa konsep yang akan diterapkan di Jakarta setelah dirinya dilantik pada Rabu besok.

Salah satunya, Djarot akan mendorong atau mengaktifkan kembali peran pasar tradisional di Jakarta.

"Revitalisasi pasar itu bagaimana kita bisa bikin pasar tradisional nyaman, aman bersih, semacam fresh market," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Djarot mengatakan, konsep pasar tradisional itu dinilai yang menarik karena dalam pasar trdisional itu memiliki keunikan dan bisa menarik minat konsumen yang tinggi.

Djarot mencontohkan, dengan pola hidup warga metropolitas seperti di DKI Jakarta, tradisi untuk berbelanja di pasar tradisional sudah mulai ditinggalkan. Padahal dalam konsep pasar tradisional itu banyak membuka interaksi sosial antar sesama individu.

"Kalau kamu ke mal atau supermarket harga sudah fix semua, tapi dipasar timbul suasana kebatinan, pasti ada tawar menawar, ada hubungn itu. Ini yang akan diterapkan di Jakarta, supaya masyarakat di Jakarta tidak seperti robot tidak mengeras," paparnya.

Djarot mengakui konsep pasar tradisional sudah diwacanakan oleh Pemprov DKI sebelumnya. Namun sayangnya penerapan di lapangan masih belum terealisasi dengan baik.

"Itu kan implementasinya yang belum, aplikasinya yang belum, kenapa, karena minimarket itu selalu menggunkan pola pembayaran konsinyasi, padahal UMKM tidak ada modal. Inilah peran pemerintah berbicara pelaku ekonomis itu misalnya," demikian Djarot.

Tidak ada komentar: