BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 Desember 2014

Telaah Rekening Gendut Foke, KPK: Itu Ujung-ujungnya Jadi Perkara

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

Jakarta - PPATK melaporkan temuan berupa rekening gendut kepala daerah dan mantan kepala daerah ke KPK. Salah satu yang sedang didalami adalah milik mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke.

"Kalau yang gendut itu penerimaannya dari mana? Kalau sudah jadi perkara nanti tanya lagi," kata Wakil Ketua KPK Zulkarnain saat ditanya mengenai dugaan rekening gendut Foke, di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014).

Pendalaman dari laporan PPATK ini merupakan salah satu upaya pencagahan korupsi. Zulkarnain menyatakan bahwa publik pun bisa melakukan kontrol terhadap pejabat publik.

"Itu (rekening gendut) ujung-ujungnya perkara juga. Kawal itu laporan LHKPN gimana? Berapa kali dia sudah laporannya tanya itu sama mereka," tutur Zulkarnain.

Saat ini laporan tersebut memang tengah ditelaah tim KPK. Bukan tidak mungkin, jika ditemukan tambahan bukti, KPK akan meningkatkan kasus ini menjadi 'perkara' yakni ke tahap penyidikan. Di tahap ini ditandai dengan penetapan satu pihak sebagai tersangka.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Adnan Pandu juga membenarkan bahwa salah satu laporan yang didalami adalah milik Foke. Namun KPK masih menunggu ekspose sehingga belum sampai tahap penyelidikan. Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua KPK Abraham Samad.

"Kalau Fauzi Bowo sedang didalami. Untuk Gubernur Sultra, saya belum tahu," kata Pandu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/12/2014).

Pihak Fauzi Bowo sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi mengenai laporan PPATK mengenai rekening gendut ini.

Tidak ada komentar: