BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 19 Januari 2012

Hore, Mobil Esemka Siap Diproduksi Massal

INILAH.COM, Jakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo menyatakan, mobil Esemka, karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Surakarta akan segera diproduksi massal.

Saat ini, mobil Esemka tengah dalam tahap uji emisi dan kelayakan kendaraan. Setelah dinyatakan lulus uji akan diproduksi secara massal.

"Ini tinggal menunggu uji kelayakan beres, langsung jalan saja. Nanti muncul produksi banyak, kapasitasnya dua ratus-tiga ratus (unit)," kata Joko di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Kepala daerah yang akrab disapa Jokowi ini menyadari keterbatasan produktifitas para siswa SMK dalam pembuatan mobil dalam negeri ini. Produksi mobil hanya mampu dilakukan 200-300 unit saja, itu pun sudah dipesan oleh sejumlah Kementerian.

"Jangan bayangin gigantic manufacture, endak, ini rakyat. Artinya produksi massal, tapi enggak sampai ribuan-ribuan unit dan jadi pesaing bagi yang lain," jelas Jokowi.

Uji coba kelayakan mobil produksi pelajar ini akan dilakukan pekan depan di Jakarta. Pengujian yang dilakukan antara lain, uji emisi, suspensi. "Minggu depan, ya pokoknya dibawa ke Jakarta, nanti tak puterin," kata Jokowi. [mah]

Tidak ada komentar: