BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 31 Maret 2013

Bambang: Polisi jangan Dendam Terhadap KPK

INILAH.COM, Jakarta - Pengajar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Bambang Widodo Umar menegaskan, pihak kepolisian tidak usah merasa resah dan khawatir terhadap beberapa jenderal polisi yang ditangkap dan dijadikan tersangka oleh KPK. Apabila polisi bertindak berlebihan justru akan membuat kepolisian semakin terpuruk.

"Bagaimana kepolisian objektif, jangan balas dendam akan terpuruk kepolisian nanti," tandas Bambang di gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2013).

Dia meminta KPK konsisten dan serius dalam menangani kasus yang melibatkan perwira Polri tersebut. Agar kasus-kasus yang ditangani KPK saat ini jangan sampai dipolitisasi.

"KPK harus sungguh-sungguh, kasus-kasus (yang berkaitan dengan Polri) tidak dipolitisir," tuturnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Djoko Sosilo sebagai tersangka dalam kasus simulator surat izin mengemudi (SIM). Diketahui, DS tersebut memiliki banyak aset di luar kemampuannya sebagai seorang polisi, seperti puluhan rumah mewah, tanah, SPBU dan lain-lain.

Kasus tersebut juga sempat memanaskan hubungan antara Polri dengan KPK berkenaan dengan wewenang penyelidikan kasus tersebut. Di satu sisi muncul isu yang mengatakan Polri ingin melindungi diri, di sisi lain KPK secara 'bringas' ingin mengentaskan korupsi yang telah menggendut di tubuh Polri. [yeh]

Tidak ada komentar: