BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 26 Maret 2013

Diajak Berkelahi Pengacara Susno, Kejari Jaksel Belum Pikirkan Langkah Hukum

Salmah Muslimah - detikNews

Jakarta - Pemanggilan ketiga mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) kemarin sempat diwarnai adu mulut antara kuasa hukum Susno dan pihak Kejaksaan. Kuasa hukum mengajak Kejari Jaksel berkelahi dan mengumpat dengan kata-kata kasar.

Insiden ini telah melukai lembaga kejaksaan. Namun Kejari Jaksel hingga kini belum memikirkan upaya hukum selanjutnya, apakah akan melaporkan tindakan tersebut ke polisi atau membiarkan begitu saja.

"Kita masih fokus untuk mengeksekusi Pak Susno," kata Pelaksana Harian Kepala Kejari Jaksel, Amir Yanto, kepada detikcom, Selasa (26/3/2013).

Sebelumnya, Senin (25/3) Kuasa hukum Susno dan pihak kejaksaan berdiskusi terkait putusan kasasi Susno di Kejari Jaksel. Dalam diskusi sempat terjadi adu mulut antar kedua belah pihak karena adanya perbedaan persepsi terkait amar putusan kasasi tersebut.

Kejaksaan berpendapat, Susno harus dipidana 3.5 tahun. Sedangkan kuasa hukum tidak terima atas penjelasan jaksa yang tetap ngotot melaksanakan eksekusi kliennya. Padahal menurut tim kuasa hukum dalam putusan kasasi tersebut tidakk ada perintah pemidanaan 3.5 tahun, yang ada hanya mencantumkan perintah membayar biaya perkara Rp 2500.

Situasi semakin tidak terkendali dan memanas. Salah satu kuasa hukum Susno, Andi Kurniawan, bahkan membentak-bentak pihak kejaksaan dan langsung ke luar ruangan diskusi.

"Enggak bisa begini ini, orang kejaksaan sok kayak jagoan," ucap Andi dengan nada tinggi.

Melihat situasi seperti ini, Pihak Kejaksaan segera membawa keluar dan menenangkan semua pihak yang datang. Pelaksana Harian Kepala Kejari Jaksel, Amir Yanto angkat bicara soal insiden ini. Dia membenarkan telah terjadi adu mulut anatara pihaknya dan tim kuasa hukum Susno.

"Beliau mengajak diskusi. Saya menghormati pendapat beliau dan beliau saya harap bisa menghormati pendapat saya. Tadi dia kan tangannya tunjuk-tunjuk kita. Terus bilang kamu kenapa tunjuk-tunjuk," ucap Amir.

"Salah satu kuasa hukum susno Andi Kurniawan marah dan ngajak berkelahi," tambahnya.

Tidak ada komentar: