London (ANTARA News) - Presiden Finlandia, Tarja Kaarina Halonen, menganugerahkan bintang jasa Suomen Leijonan ritarikunnan Suurmestari (Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland) kepada Duta besar RI untuk Republik Finlandia Harry Purwanto, bertempat di Istana Kepresidenan Finlandia, Kamis.

Penganugerahan bintang Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland merupakan bentuk pengakuan resmi Pemerintah Finlandia atas jasa, pengabdian dedikasi dan kontribusi Dubes Harry Purwanto dalam mengisi dan mempererat hubungan persahabatan kedua Negara, demikian Sekretaris Tiga KBRI Helsinki, Andy Aron dalam keterangan kepada Antara London, Kamis.

Selain itu Dubes Harry Purwanto juga dinilai berhasil memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Finlandia yang saling menguntungkan di segala bidang yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat kedua negara.

Pemerintah Finlandia mencatat upaya Dubes Harry Purwanto untuk lebih mengenal alam, masyarakat, budaya Finlandia, dan masyarakat dari berbagai lapisan dan kalangan.

Sejumlah capaian yang telah diraih Dubes Harry Purwanto dalam masa jabatannya seperti penyelenggaraan kunjungan resmi Perdana Menteri Finlandia, Matti Vanhanen, ke Indonesia, April tahun lalu.

Peningkatan saling kunjung tingkat pejabat pemerintah, parlemen, dan non-pemerintahan, penguatan saling dukung pencalonan Finlandia dan Indonesia pada sejumlah keanggotaan di lembaga internasional.

Dubes juga berhasil menjalin hubungan kerja sama yang erat di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, peningkatan angka kunjungan wisatawan Finlandia ke Indonesia, serta penguatan hubungan persahabatan dan interaksi people-to-people contact antar masyarakat di kedua negara.

Bintang tanda jasa Order of the Lion of Finland merupakan salah satu dari tiga jenis bintang penghargaan yang dimiliki Finlandia selain Order of the Cross of Liberty, yang diberikan kepada tentara dan relawan Finlandia dalam upaya mewujudkan kemerdekaan Finlandia.

Sementara Order of the White Rose of Finland, diberikan kepada mereka yang dicatat meraih capaian dan kontribusi berarti bagi Pemerintah Finlandia di bidang kerja sama publik baik yang berasal dari kalangan sipil maupun militer.

Bintang tanda jasa Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland merupakan medali tertinggi dalam kelas tata urutan medali tanda jasa di Finlandia.

Sebelumnya tiga Duta Besar RI yang pernah menerima medali tanda jasa tersebut, yakni, Dubes Moekijat, Duta Besar RI untuk Republik Finlandia yang pertama (1976-1980), Dubes Ahmad Fauzie Gani, yang bertugas sebagai Dubes untuk Republik Finlandia yang ke-8 (2000-2003), dan Dubes Iris Indira Murti, Duta Besar RI untuk Republik Finlandia yang ke-9 (2004-2007). (ZG/K004)