Surabaya (ANTARA News) - Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (INDOBATT) menggelar Malam Inagurasi Satu Semester Penugasan sebagai Pasukan Perdamaian PBB di Lebanon.

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Psk Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Kamis, melaporkan kegiatan pada Rabu (25/5) malam itu berlangsung di Gedung Rubb Hall Kompi Bantuan, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan.

"Maksud dari acara tersebut adalah sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa INDOBATT telah berhasil menjalani setengah perjalanan dalam mengemban misi perdamaian di Lebanon dari rencana satu tahun penugasan dengan aman, lancar, dan berhasil dengan baik," katanya.

Dalam sambutannya, Komandan INDOBATT Letkol Inf Hendy Antariksa. mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini sehingga misi dapat berjalan dengan baik dan sukses mengukir beberapa prestasi yang membanggakan.

"Kami tinggal setengah perjalanan lagi, mari kita bangkitkan kembali semangat dan motivasi seperti pertama kali kita mengawali misi ini, sehingga bisa ditingkatkan dan lebih baik lagi," katanya.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Pabintal Mayor Sus Evi Mukafi, kemudian pemotongan tumpeng oleh Komandan Satgas Letkol Hendy Antariksa yang diserahkan kepada prajurit INDOBATT termuda yakni Prada Bagus Kristiawan P.

Setelah itu, acara dimeriahkan penampilan unjuk kebolehan olah vokal dari tiap-tiap perwakilan kompi-kompi maupun markas Batalyon.

Selain itu, kesenian Reog Ponorogo yang dimainkan prajurit dari Kompi Alfa juga memeriahkan suasana yang berakhir pukul 23.00 waktu setempat itu.

Acara yang dihadiri Wadan INDOBATT Letkol Mar Harnoko, para perwira staf, seluruh Danki jajaran INDOBATT, dan para interpreter lokal itu diakhiri dengan penyerahan cendera mata.

Cendera mata berupa pelakat itu diserahkan Letkol Hendy kepada salah satu interpreter lokal yang telah bekerja sama dengan INDOBATT selama enam bulan yakni Ali, karena akan melaksanakan perpindahan tugas ke Kontingen Irlandia.