BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 01 Juni 2013

Hakim Agung Gayus Lumbuun: Pancasila Semakin Dilupakan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

Jakarta - Hari lahirnya Pancasila memiliki makna yang berbeda untuk setiap orang. Bagi hakim agung Gayus Lumbuun saat ini nilai-nilai Pancasila sudah semakin dilupakan.

"Pancasila itu sudah semakin dilupakan bangsa ini. Kita lihat terutama banyak terjadi tindak pidana korupsi di negara ini," kata Gayus dalam acara seminar dengan tema 'Kebangsaan Revitalisasi Pancasila' di Graha Bethel, Jalan Ahmad Yani, Jakarta, Sabtu (1/6/2013).

Gayus mengatakan makna Pancasila yang lengkap ada di UUD 1945. Namun anehnya saat ini banya bermunculan UU yang menurutnya bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

"Kita lihat sekarang ini banyak sekali UU dibuat yang bertentangan dengan Pancasila," ujar Gayus.

Menurutnya Pancasila adalah dasar negara, bukan hanya sebagai pilar. Bangsa Indonesia diharapkan tidak melukan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila.

"Kalau pilar kan bisa hancur. Tapi kalau dasar dia kuat mendasari pilar-pilar itu," ucapnya.

Hari ini Bangsa Indonesia merayakan hari lahirnya pancasila. Wakil Presiden Boediono ikut merayakan hari Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur. Boediono juga meresmikan patung Soekarno yang berada di Taman Rendo. Masyarakat Ende juga turut berpesta pada Hari Pancasila ini dengan melakukan tarian yang diikuti oleh sekitar 5.000 orang.

Tidak ada komentar: