BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 27 Juni 2013

Presiden SBY Pantau Kondisi Nelson Mandela yang Tengah Kritis

Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Pihak keluarga Nelson Mandela memastikan bahwa ikon anti-apartheid itu masih hidup meski dalam kondisi sangat kritis. Presiden SBY memantau terus perkembangan kesehatan Nelson Mandela.

"Tentu kami terus melaporkan kepada presiden kondisi terkini dari pemimpin Afsel. Kita sangat menghormati ketokohan dan kenegarawan figur dari Nelson Mandela dan mendoakan semoga dia pulih kesehatannya. Namun, kita terus memonitor perkembangan ini," ujar Menlu Marty Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Mandela, presiden berkulit hitam pertama Afsel itu telah berada di rumah sakit sejak 8 Juni lalu setelah infeksi paru-parunya kambuh. Dia terus dirawat secara intensif di rumah sakit di Pretoria.
Mandela, yang dikenal dengan nama marga Madiba, dihormati masyarakat luas karena memimpin perjuangan melawan kekuasaan minoritas kulit putih di Afsel.

Pria berumur 94 tahun itu dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993 dan terpilih menjadi presiden pada tahun berikutnya.

Mandela mengundurkan diri dari hadapan publik pada tahun 2004. Sejak itu figur internasional itu jarang terlihat dalam acara-acara resmi. Paru-parunya telah bermasalah sejak lama dan didiagnosis mengidap TBC pada tahun 1980-an ketika mendekam di penjara Robben Island.

Tidak ada komentar: