BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 27 Juni 2013

Ahok: Jangan Mudik Pakai Motor, Bahaya

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berharap pada lebaran tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa berkurang dari tahun sebelumnya.

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengakui jika sepeda motor masih menjadi sarana tranportasi favorit yang digunakan oleh warga, untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran. Bahkan ia memprediksi jumlah pemudik menggunakan sepeda motor akan bertambah.

"Mungkin tahun ini jumlahnya akan lebih banyak dari tahun sebelumnya, tapi diharapkan motor agak kurang. Khususnya yang bawa-bawa penumpang banyak itu, kecelakaan terbesarkan di motor," ujarnya, Rabu (25/6/2013).

Ahok melanjutkan, pihaknya sudah mempersiapkan melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Saya kira kita semuanya sudah siap, termasuk semua petugas, melalui dinas dan pihak kepolisian juga sudah siap. Jadi titik-titik macet itu sudah mereka tau, penyebabnya sudah mereka tahu. Itu aja," tandasnya.

Seperti diketahui, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran di Kementerian Perhubungan, Menhub EE Mangindaan memprediksi jumlah pemudik pada tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan puncak arus arus mudik antara H-5 dan puncak arus balik pada H+2 lebaran. Penggunaan sepeda motor sebagai transportasi pemudik masih menjadi favorit untuk mudik tahun ini, bahkan diprediksi jumlahnya akan mengalami peningkatan.

"70 persen pemudik akan menggunakan sepeda motor atau sebanyak 2,7 juta sepeda motor. Untuk itu kami akan berusaha alihkan," ujarnya.

Menhub mengatakan, waktu keberangkatan terpadu pada arus mudik tahun 2013 ini lebih panjang yaitu mulai H-7 atau pada tanggal 8 dan 9 Juli dan arus balik pada H+7. Untuk lonjakan penumpang serta kenaikan tarif kendaraan umum seperti kereta api ekonomi atau pesawat udara, kata Mangindaan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT KAI sebelumnya untuk penambahan 46 kereta api lebaran.[bay]

Tidak ada komentar: