BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 16 Juni 2013

Polda Metro Beri Layanan Ganti Plat Nopol Gratis

INILAH.COM, Jakarta - Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya telah menyediakan loket khusus di setiap Samsat untuk pergantian plat nomor Polisi kendaraan terkait akan diterapkannya sistem ganjil genap. Pasalnya, masyarakat yang ingin mengganti plat nomor tertentu tidak dipungut biaya.

"Bagi masyarakat yang mempunyai kendaraan lebih dari satu, tentu mereka akan berupaya mengganti plat nopolnya baik dari ganjil ke genap, begitu juga sebaliknya," kata Kabag Registrasi dan Administrasi Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Latief Usman, Selasa (5/3/2013).

Dikatakan oleh Usman, Polda Metro dalam hal ini akan membantu masyarakat yang ingin melakukan pergantian nomor polisi secara cuma-cuma di setiap Samsat, karena ada loketnya. "Jadi ini gratis ya tidak dipungut biaya, kami sudah sediakan loket khusus di masing-masing Samsat untuk melayani masyarakat yang ingin mengganti plat nopolnya," pungkasnya.

Namun, lanjutnya, pergantian nopol itu meski diberikan secara gratis maka tetap sesuai dengan prosedur yang ada. Selain itu, Polda Metro dalam hal ini Ditlantas akan menegur para dealer mobil yang mengambil kesempatan dengan cara memungut biaya kepada para pelanggan pembeli mobil yang ingin plat nopolnya ganjil atau pun genap.

"Jadi jangan mengambil kesempatan dan memojokan kami, kalau ditemukan ada yang seperti itu tentu akan kami tegur. Jelas dari kami itu gratis ya," tukas Usman.

Di samping itu, kata Usman, Ditlantas Polda Metro juga akan menyiapkan perangkat elektronik untuk registrasi dan identifikasi mobil. Sistem elektronik ini akan menunjang pelaksanaan kebijakan ganjil genap agar berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar: