BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 15 Desember 2014

Dear Bunda, Latih Kejujuran pada Anak Sejak Dini Bisa Ikut Bantu Cegah Korupsi

Ayunda W Savitri - detikNews

Jakarta - Korupsi merupakan salah satu penyakit yang menghantui kehidupan bangsa dan negeri ini, terutama generasi muda. Untuk itu Indonesia Corruption Watch (ICW) mengimbau kepada keluarga agar selalu menanamkan budaya kejujuran untuk sebagai penangkal 'virus' korupsi kepada anak-anak sejak dini.

"Kajian KPK sekarang orang tua bukan lagi role model anak, mereka cari suri tauladan dari yang lain. Meski mereka (orang tua) bukan lagi jadi panutan, tapi mereka tetap harus mengajarkan bahaya korupsi. Pribadi anti korupsi harus dibangun dari kecil," ujar Ketua Panitia 'Demokrasi Tanpa Korupsi' yang digelar ICW, Aradila Caesar, di Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (14/12/2014).

Sebagai bentuk konkretnya, lanjut pria yang juga anggota divisi hukum monitoring peradilan di ICW, bisa dimulai dari mengajarkan pentingnya kejujuran pada anak dalam keseharian. Menyerupai slogan KPK 'Berani Jujur Hebat', anak juga harus menyadari itu.

"Melatih kejujuran. Korupsi anak tidak seperti pejabat tapi yang kecil-kecil mulai dari mengambil kemblian uang, misalnya. Nah, Ibu Ayah dan keluarga harus menerapkan praktek kejujuran untuk membangun perilaku itu," lanjut Aradila.

Saat ini, sekitar 100 anak berusia PAUD sampai SD tengah mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang diselenggarakan oleh ICW. Adapun tema yang diusung yaitu membangun budaya anti korupsi.

"Pertama, anak-anak nggak akan tahu korupsi apa tapi kita punya kewajiban untuk mengedukasi mereka kalau kourpsi berbahaya. Sehingga, ke depannya mereka nggak boleh kayak gitu melalui tema yang diusung dari kegiatan menggambar ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar: