BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 15 Desember 2014

Mengapa Wilayah Sumatera Dipilih untuk Cabang Pertama KPK?

Ayunda W Savitri - detikNews

Jakarta - Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto menyatakan bahwa institusinya akan membuka cabang di salah satu wilayah Sumatera pada tahun 2015. Wilayah tersebut nantinya akan menjadi cabang pertama KPK di daerah.

Tentunya ada beragam pertimbangan yang diambil sebelum memutuskan untuk membentuk kepanjangan tangan pemberantasan korupsi di Sumatera. Tetapi apa alasan yang paling utama bagi KPK?

"Pertimbangannya adalah dekat dengan Jakarta. Kalau kami bentuk di Jawa, nanti ada anggapan 'kenapa Jawa melulu?'. Makanya kami mau uji coba dahulu," ujar Bambang Widjajanto di Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (14/12/2014).

Cabang pertama KPK ini merupakan uji coba yang apabila berjalan dengan sukses tentunya akan merambah ke wilayah lain di Indonesia. Secara bertahap, dalam sepuluh tahun ke depan rencananya akan ada 5 cabang KPK.

"Jadi setiap dua tahun. Tapi ini baru kita akan uji coba dulu," imbuh Bambang.

Untuk cabang pertama yang rencananya akan dibentuk di Sumatera ini, Bambang tak beri bocoran mengenai wilayahnya. Akan tetapi Bambang menyebut bahwa wilayah tersebut terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan hutan.

"Jadi tindak lanjut korsupgah (koordinasi, supervisi, dan pencegahan), bidang pencegahan terus tindak lanjut dari sumber daya alam, hutan, ini diputuskan memang perlu dibentuk cabang khusus," sebut Bambang.

Tidak ada komentar: