BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 14 Desember 2014

Jokowi Lewat Jalur Berlumpur di Banjarnegara, Paspampres Kelimpungan

VIVAnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu, 14 Desember 2014, menepati janjinya mengunjungi lokasi bencana longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dia tiba di lokasi, sekitar pukul 11.45 WIB, bersama Ibu Negara Iriana Widodo.

Selama hampir dua jam, Jokowi mengunjungi lokasi longsor dan puskesmas yang merawat korban, didampingi oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih, celana hitam dan sepatu kulit warna hitam, langsung menemui tim pencari yang masih melakukan aktivitas pencarian korban, serta berkeliling selama hampir satu jam untuk menemui para relawan.

Pantauan VIVAnews di lapangan, Jokowi membuat anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) kelimpungan, saat dia langsung melangkah di jalanan yang becek tertutup lumpur, menuju lokasi evakuasi.

Termasuk Pangdam IV Diponegoro. Perwira tinggi TNI itu tampak bergegas dengan Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Edison, tidak mau tertinggal langkah dari Jokowi. Paspampres juga terlihat sangat sibuk, saat mengikuti Jokowi berkeliling.

Selain harus mengikuti langkah cepat Jokowi, mereka juga harus menjaga sang Presiden dari banyak warga di lokasi, yang penasaran ingin melihatnya. Setelah berkeliling di lokasi longsor sekitar 45 menit, Jokowi kemudian mengunjungi puskesmas.

Selain berbincang dengan para korban, Jokowi juga menyerahkan bantuan pada warga, untuk meringankan hidup mereka yang terganggu akibat bencana longsor. "Saat ini kita fokus dulu di proses evakuasi. Kita tidak berbicara yang lain," kata Jokowi.

Menurutnya proses evakuasi akan terus dilakukan, tergantung dengan kondisi di lapangan. "Pokoknya fokus evakuasi dulu. Belum bisa dipastikan kapan evakuasi ditutup (dihentikan). Semuanya
tergantung kondisi di lapangan," ucapnya.

Jokowi mengakhiri kunjungannya pada pukul 13.45 WIB, berangkat menuju Cilacap melalui jalur darat dan kembali ke Jakarta menggunakan pesawat. (ms)

Tidak ada komentar: