BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 15 Desember 2014

PMI Turunkan Dua Hagglunds dan Dua Ratusan Relawan Terampil ke Banjarnegara

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

 Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) turunkan relawan untuk mengevakuasi korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk melancarkan proses evakuasi tersebut, PMI pun menurunkan 2 mobil Hagglunds.

"Hagglunds adalah kendaraan jenis amfibi yang biasa digunakan kalangan militer. Dengan roda rantai seperti kendaraan tank, Hagglunds memang bisa menembus medan-medan superberat seperti rawa, lumpur, perbukitan, dan salju," ujar Ketua PMI Jawa Tengah Sasongko Tedjo dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (14/12/2014).

Lebih dari dua ratus relawan yang diturunkan selain untuk mengevakuasi, mereka juga memiliki keterampilan untuk melakukan penilaian (assessment), mengelola logistik, mengelola air dan sanitasi, serta mengoperasikan kendaraan. Selain itu sebanyak 200 terpal, 200 selimut, dan 50 hygiens kit juga telah dikirimkan untuk diberikan kepada warga yang mengungsi.

“PMI mendapat tugas dari pemerintah untuk menjadi koordinator assessment (pendataan) pengungsian, distribusi logistik dan dapur umum,” imbuh Sasongko.

Dalam rilis tersebut Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Bencana PMI Jawa Tengah, Thobari HR juga menambahkan bahwa kerusakan sumber pasokan air bersih sudah diantisipasi. Untuk itu PMI juga sediakan dua truk tangki air untuk kebutuhan suplai air bersih bagi korban longsor.

Ada pula sebuah dapur umum yang terletak di SDN 1 Ambal, Desa Sampang, Karang Kobar, yang menyiapkan sekitar 2.500 bungkus nasi dan lauknya untuk setiap waktu makan. Pengelolaan dapur umum ini diperuntukan untuk para pengungsi dan para relawan di lokasi.

Tidak ada komentar: