BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 09 Desember 2014

Penyebab Harga Minyak Dunia Terus Anjlok

VIVAnews - Harga minyak dunia merosot ke level terendahnya dalam lima tahun terakhir, dan anjlok di bawah US$66 per barel pada perdagangan Selasa 9 Desember 2014.
Dikutip dari laman CNBC, ini melanjutkan tren pelemahan, setelah kemarin juga melemah sebanyak empat persen di tengah kekhawatiran akan pasokan minyak yang berlimpah.

Tergelincirnya harga minyak dunia ini juga didorong oleh laporan terkait ekspektasi harga dari representasi Kuwait.

Salah satu Eksekutif Perusahaan Minyak Nasional Kuwait, mengatakan bahwa harga minyak kemungkinan akan tetap di kisaran US$65 per barel selama enam hingga tujuh bulan ke depan.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari, tercatat turun 43 sen menjadi US$65,76 per barel. Angka tersebut, merupakan yang terendah sejak bulan Oktober 2009.

Kemarin, Brent turun lebih tajam lebih dari empat persen, atau US$2,88 per barel dan berakhir di level US$66,19 per barel. Ini menjadi kerugian terbesar ketiga pada tahun buku 2014.

Sementara itu, minyak mentah AS turun 52 sen menjadi US$62,52 per barel, setelah sempat menyentuh level terendah pada Juli 2009, di level US$62,25 per barel. Sehari sebelumnya, minyak mentah AS menurun 4,2 persen atau US$2,79 dan ditutup pada level US$63,05 per barel.

Dengan kondisi demikian, dikabarkan sudah banyak perusahaan yang mulai membuat daftar pemotongan belanja untuk tahun depan. Misalnya, Conoco yang mengatakan akan memangkas pengeluaran sebesar 20 persen, atau sekitar US$3 miliar, sekaligus sebagai penurunan yang tertinggi sejauh ini dilakukan oleh perusahaan pengebor di AS.

Tidak ada komentar: